Tahukah Anda Tentang Experiental Learning - Wisata Outbound Pacet Mojokerto | IMPROVE VISION | 0821 3106 5873

Tahukah Anda Tentang Experiental Learning

Tahukah Anda Tentang Experiental Learning

Outbound Pacet - Experiental Learning

"Katakan ke saya dan saya akan lupa, ajari saya dan mungkin saya bisa ingat, libatkan saya dan saya belajar."_ Benjamin Franklin

Experiental learning atau lebih di kenal pendidikan pengalaman adalah salah satu cara yang di pakai untuk belajar. Anda tahu, semua sekolah ada guru dan guru adalah faktor yang penting sekali dalam dunia pendidikan. Tapi sebetulnya, guru yang sangat mampu sekalipun tidak bisa mengajar satu orangpun. Guru hanya bisa membantu orang itu belajar. Orang yang mau belajar, harus belajar sendiri dan kalau dia belajar, dia akan belajar dengan bantuan guru dan pengalaman.


Sebagai contohnya, di sekolah ada guru yang mengajar ilmu hitung. Dia menjelaskan kepada peserta mengenai rumus-rumus dan cara ilmu hitung, dan peserta belajar melalui latihan. Guru memperlihatkan cara, kemudian peserta mencoba, dari pengalaman itu, mereka belajar. Kalau meeka belajar cara ilmu hitung dengan sungguh-sungguh, mereka akan lulus dalam ujian, dan gurunya puas. Sebenarnya mereka bisa belajar banyak lagi dari pengalaman itu disamping cara ilmu hitung.


Dia bisa belajar cara untuk berlatih dan disiplin, menerima bantuan, untuk meminta bantuan, berkomunikasi dengan jelas, mendengar dengan hati-hati, dan mempercayai kata-kata. Kalau dia berhasil, dia bisa merasakan bahwa dia orang mampu, pintar dan percaya diri. Beberapa pelajaran seperti itu, akan menumbuhkan menjadi orang yang lebih aktif , lebih kuat untuk keluarganya, perusahaan / organisasinya, masyarakat dan untuk dunia.


Ada banyak sekolah yang mengajar ilmu hitung, tapi jarang sekali sekolah atau guru yang membantu dengan hal-hal lain. Tapi hal-hal itu seperti disiplin, konsentrasi, percaya diri, dan banyak lagi hal-hal paling penting di dalam kehidupan manusia, mungkin lebih penting daripada ilmu hitung.


Sewaktu orang bicara mengenai pendidikan pengalaman, mereka biasanya bicara mengenai cara pendidikan yang membantu orang lain belajar mengenai hal-hal yang khusus, seperti kebersamaan, rasa kasih, percaya, tanggung jawab, kepemimpinan.


Pendidikan pengalaman mempunyai banyak macam dan gaya, tapi ada satu macam yang paling penting, yaitu dengan melakukan kegiatan yang melibatkan fisik, hati dan pikiran, dengan menggunakan alam sebagai tempat belajar. Fasilitator pendidikan pengalaman memakai kegiatan seperti memanjan tebing, mendaki gunung, naik perahu di sungai dan laut, simulasi game untuk memberikan tantangan pada peserta.


Cara ini dipelopori oleh seorang pendidik yang bernama Kurt Hann di inggris dalam masa perang dunia II, untuk menyiapkan orang-orang muda untk berjuang dengan tantangan berat dalam kehdupan. Nama sekolah pertama yang menggunakan metode pendidikan pengalaman yaitu Outward Bound, dan sejak itu banyak sekolah Outward Bound dan sekolah lain yang memakai cara yang sama, menjalar ke sema sudut di dunia hingga saat ini.




No comments:

Powered by Blogger.