Outbound Training - Apakah Itu ? - Wisata Outbound Pacet Mojokerto | IMPROVE VISION | 0821 3106 5873

Outbound Training - Apakah Itu ?


outbound training wisata outbound pacet improve vision


Outbound Training adalah suatu bentuk atau metode kegiatan di alam terbuka (outdoor) dengan penekanan pada pengembangan kemampuan di bidang manajemen organisasi dan pengembangan diri (personal development) yang disimulasikan melalui permainan-permainan yang secara langsung. 


Tujuandari program ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri (personal development), berpikir kreatif (inovasi), rasa kebersamaan dan saling percaya (trust) serta penyegaran dan memecahkan kekakuan birokrasi.

DISKRIPSI PROGRAM OUTBOUND :

Pendekatan melalui pengalaman (Experiental Learning)

Sebuah program training yang inspiratif, penuh kesan dan rekreatif, berbasis penerapan metodelogi Experiental Learning, dimana pelatihan ini memberikan pengalaman langsung sehingga dapat dirasakan sukses-gagal di dalam melaksanakan sebuah tugas.

Simulasi Kesederhanaan


Permainan-permainan di dalam Outbound Training ini adalah sebuah metafora kehidupan yang kompleks dan dibuat secara sederhana sehingga akan mudah sekali dipahami kompleksitas kehidupan.  

Konsep kegiatan outbound kami adalah gabungan dari outbound team building, psikologi dan leadership. Artinya kami selalu menyertakan nilai-nilai psikologis, kebersamaan dan kepemimpinan di setiap game/permainan.


outbound training wisata outbound pacet improve vision


Assesment Report Outbound

Kami mengamati perilaku personal dan kelompok pada saat kegiatan outbound berlangsung. Kami akan memberikan laporan tentang kondisi personal dan atau kelompok setelah kegiatan outbound dilaksanakan. 

Laporan ini bisa digunakan sebagai referensi dalam peningkatan SDM, baik personal maupun kelompok

Penuh Kegembiraan

Permainan pada dasarnya disukai oleh setiap orang karena bagian dari kegembiraan aktivitas Outbound Management Training berupa permainan yang cenderung memberi keterangsangan emosi dan kegembiraan.

Service dan Safety Zero Accident

Pentingnya safety procedure didalam menjalankan proses pelatihan ini selalu kami nomer satukan, Banyak provider seringkali menyepelekan bahkan menganggap remeh tentang pentingnya aspek yang satu ini. 

Bahkan banyak kalangan menganggap bahwa safety procedure ini dianggap akan menghambat proses pelatihan menjadi tidak optimal. 

Sementara kami menganggap jika aspek keselamatan tidak dijalankan dengan baik dan benar, bisa-bisa jasa operator outbound yang menganggap remeh akan pentingnya unsur keselamatan ini lama kelamaan keberadaannya tidak akan “safety” karena semakin ditinggalkan oleh kliennya.


outbound training wisata outbound pacet improve vision



Trainer dan Fasilitator


Provider Outbound Pacet didukung oleh trainer dan fasilitator yang ahli dan berpengalaman dalam Outbound Training Design serta terampil di bidangnya. Latar belakang mereka beragam, mulai dari teknik, manajemen, ekonomi, bisnis, psikologi, lingkungan dan pecinta alam.

Bahkan para fasilitator kami sudah berkompeten dan mendapatan sertifikasi kepemanduan dari BNSP ( Badan Nasional Sertifikasi dan Profesi ) serta berkompeten dan menguasai Safety Procedure, First Aid, K3, Kepemanduan, dan terlatih bekerja dalam tim pada situasi yang tak terduga.


Team Work / Team Building


Dalam program ini setiap peserta dituntut untuk lebih mengenai seluruh komponen yang terlibat, memecahkan kekakuan birokrasi, kebekuan komunikasi dan pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan serta kesatuan individu, selain itu anggota tim harus memiliki sikap saling ketergantungan.

Program ini menekankan pada peningkatan kemampuan kinerja tim yang didasari oleh komitmen pribadi anggopta tim mengenai elemen-elemen yang mendasari kerja tim yang efektif seperti saling membagi peranan dan pengorbanan, saling menghargai, komunitas terbuka dan komitmen, sehingga akan terbangun suatu ikatan kebersaman yang mampu membangkitkan semangat kerja tim (team spirit) yang pada akhirnya mampu meningkatkan kinerja kerja.


Leadership & Empowerment

Peserta mengeksplorasi karakter-karakter seorang pemimpin seperti halnya komitmen, visi, kemampuan mendegar secara aktif dan suri tauladan. 

Mereka dapat mengalami karakter-karakter ini secara nyata sehingga dapat memadukan kompetensi individual dan memberdayakan sehingga memberikan kontribusi untuk pencapaian suatu tujuan.


Personal Development


Program outbound training ini menekankan pada pengembangan seseorang sebagai pribadi yang utuh. Setiap peserta dituntut untuk memiliki komitmen bagi pertumbuhan dan optimalisasi perkembangan diri agar lebih asertif, proaktif dan bertanggung jawab. 

Keberanian untuk mengambil resiko dalam menjalani tantangan pribadi untuk menggapai kemenangan.


outbound training wisata outbound pacet improve vision


Strategic Planning


Mencapai hasil yang optimal dari setiap aktivitas baik secara individual maupun organisasional adalah tidak mungkin tanpa terlebih dahulu memikirkan strategi perencanaan. 

Perencanaan akan menggambarkan pencapaian sebuah aktivitas. Program outbound training ini mengajak setiap peserta untuk mencoba, berlatih dan menyusun perencanaan misi berdasarkan setiap visi yang ditentukan oleh individu maupun organisasi.


Sasaran Program Individu :

Aspek Percaya Diri

– Mengatasi batas – batas keraguan diri
– Meningkatkan rasa percaya diri dengan lebih baik
– Mengekspresikan pendapat dan membuat keputusan
– Mencoba pengalaman – pengalaman baru

Aspek Beradaptasi

– Dinamis serta sensitive terhadap perubahan
– Menyesuaikan / beradaptasi dalam lingkungan baru
– Menerima pendapat / ide – ide baru

Aspek Sikap

– Tabah dalam mengatasi kesulitan
– Mampu mengatasi kebosanan atau ketidakpuasan dari tugas
– Melaksanakan tugas dengan baik dan benar
– Menjaga tingkah laku dan ucapan

Aspek Reaksi

– Bertindak positif terhadap tantangan
– Berani mencoba tantangan baru dan menikmatinya
– Memperoleh kepuasan dari penyelesaian tugas yang sulit

Cara Mengambil Keputusan

– Membuat keputusan yang tepat dan bertanggung jawab
– Bersikap tenang dan tidak emosional



Sasaran Program Untuk Kelompok / Team :


Team work

– Memecahkan masalah bersama
– Menikmati bagian dari sebuah team
– Menerima umpan balik dan bertindak dalam kesulitan

Leadership

– Bertanggung jawab dalam kelompok
– Membuat keputusan untuk kelompok
– Memimpin dengan memberi contoh

Komunikasi

– Memberi instruksi dengan jelas dan ringkas
– Aktif mendengarkan pendapat orang lain
– Aktif dan efektif dalam diskusi kelompok

Tenggang Rasa / Empati

– Melihat anggota yang lain sebagai bagian yang sama penting
– Berani dan siap menolong
– Pandai menempatkan diri dengan mendengarkan yang lainnya
– Mau menerima kritikan dan saran

Perencanaan

– Memandang jauh kedepan
– Mempertimbangkan seluruh kemungkinan yang terjadi
– Membuat rencana spesifik, terukur, dapat diraih, & realistis

Konsultasikan rencana kegiatan anda kepada kami bisa melalui Whatsapp 0821 3106 5873 kami akan menganalisa dan memberikan saran dan solusi terbaik untuk membuat program outbound training anda menjadi lebih baik.


Outbound Pacet
0821 3106 5873

No comments:

Powered by Blogger.